Assalamu 'alaikum!
Yak hei guys, kali ini saya mau nulis soal motivasi menyikapi hasil lomba. Saya dapet inspirasi dari adek sepupu sama dosen yang waktu itu ngajar di kelas (yaiyalah).
Jadi ceritanya kemaren tante saya ngirim ke WA grup keluarga besar minta doa karena adek sepupu saya ini mau ikutan lomba (katanya OSN IPA untuk SMP, di Malang). Saya yang super "tepat waktu" membaca WA baru ikut ngebales waktu tante saya bilang lagi di grup bahwa adek sepupu saya ini sedih gara2 kalah lomba. Unfortunately, ga ada anggota keluarga saya yang menyabarkan atau apalah. Mungkin karena tante saya kadang-kadang suka hiperbola kali ya. Jadi anggota keluarga yg lain mungkin agak males balesnya (?). Yaudah akhirnya saya inisiatif bilang "Gapapa dek, semangat masih ada kesempatan lain" terus pake emot gitu. Ga lama, budhe saya ikutan bilang, "iya bener tuh dek, masih ada kesempatan lain". Ga lama, tante saya bales lagi yang isinya intinya si adek sepupu saya ini sedih karena sohibnya menang lomba sedangkan dia ngga. Terus dia sedih, dia mikirnya ngapain coba2 ikut lomba toh ujung2nya kalah juga. Mending gausah sekalian. Hmmm well, sebenernya saya agak kesel sih, like "Eh lu, gue semangatin malah batu ye. Makasi kek". Tapi ya terus saya inget lagi. Saya mungkin sekarang mikir gitu karena saya udah setua ini, sedangkan adek saya sekarang lagi masa ababil-ababilnya. Ya u know lah masa-masa labil anak umur SMP gitu kan suka bikin kesel ya. Dulu saya juga gitu sih pasti.
Terus saya tiba-tiba keinget quotes dosen saya. Jadi waktu itu ada mesin yang baru dibeli dari luar negeri. Mahal-mahal, susah dapetnya, tapi pas nyampe di sini, mesinnya ga dipake karena takut rusak kalo dipake mahasiswa (ga mungkin dipake dosen kan, mungkin sih, kalo dosen mau penelitian sendiri, tapi biasanya kalo ada riset/proyek, dosen sukanya ngasi ke mahasiswa juga. Paling masuk akal dipake sama mahasiswa senggaknya buat tugas akhir). Terus ada juga dapur di suatu labyang gapunya piring sama sekali. Suatu kali ada kunjungan dari univ lain (asal Jepang) dan butuh piring buat tamu. Dan bingung lah teknisi lab karena ga punya piring. Satu-satunya yang punya piring adalah dosen saya yang jadi kepala lab. Dan itu jadi semacem "masa mau pinjem piring aja harus ke ruangan Pak X?". Ketok2 ruangan cuman minjem piring? Agak ga masuk akal. Kemudian dosen saya ini protes, "kenapa di dapur ga disediakan piring?". Lalu alesannya "ntar dapurnya jadi berantakan pak, keenakan mahasiswa (yang tugas akhir di sini)." Hmmmmm well. Lalu dosen saya narik kesimpulan bahwa ini tuh salah. Mindset ini tuh salah tapi udah membudaya di Indonesia ini. Mesin ga dipake, takut rusak. Dapur ga disediain piring, takut berantakan. Gimana ya, semua ini tuh proses. Berantakan atau rusak itu pasti, balik lagi kita sebagai pemakai ya harus bertanggung jawab. Itu mesin dipake ga dipake bakal rusak juga. Ada masanya juga. Dan akhirnya kejadian, si mesin baru itu setelah sekian taun ga dipake-pake, akhirnya rusak karena karat dsb. Coba kalo dipake, ya emang bakal rusak, tapi seenggaknya kan berguna. Bisa buat penelitian, ngebantu orang nyelesaiin tugasnya loh. Bisa munculin inovasi2 baru. Seenggaknya berguna lah. Logikanya, kita punya 1 ruangan yang bisa dipake buat rapat/kumpul. Tapi ada yang bilang kalo "ruangan itu jangan dipake, takut kotor, soalnya udah dibersihin". Atau ga, yang sehari-hari deh. Tiap hari kita mandi. Terus ada yang bilang, "ngapain kita mandi? toh nanti kotor lagi." Apa seperti itu pola pikirnya? Kan harusnya ngga.
So, hubungannya sama adek sepupu saya, yakali masa logikanya "Ngapain gue ikut lomba, kan bakal kalah, mending gausah ikut aja sekalian dari awal". Untukmu wahai jiwa2 yang ikutan lomba tapi kalah mulu, dan untukmu wahai jiwa2 yang mau ikutan lomba tapi takut kalah. Lomba itu, pertama, ngasi pengalaman. "Pengalaman apaan orang gue kalah." Yap itu dia. Kita harusnya jadi belajar, kita kurangnya apa, kurang nguasain materi apa untuk lomba itu. Jadi buat lomba ke depannya, kita bisa lebih siap. Jadi pengalaman juga seenggaknya pernah ikut lomba. Karena walopun kita kalah, seenggaknya kita udah selangkah lebih maju dari anak2 lain yang takut cuman buat sekedar ikut lomba. Guru-guru dan teman2 kita juga jadi lebih percaya bahwa kita lebih bisa ngerjain mata pelajaran itu karena pengalaman tadi. Dan hey, lomba itu emg lebih susah soal2nya dibanding ujian di kelas. Jadi wajar lah kalo ngerasa gabisa. Lomba juga ngebikin kita sedikit2 tau tentang passion kita loh. Saya punya temen, dulu ikut lomba fisika terus, tapi ga pernah sampe lolos OSP, dan di akhir dia jadi siswa SMA, dia mutusin buat ikutan lomba biologi dan luckily dia bisa sampe OSN. Bukankah itu ga terduga? Kedua, lomba juga ngelatih mental kita. Kalo kita kalah, kita bakal diuji bisa nerima apa ngga, kalo kita menang, kita diuji apakah jadi sombong atau ngga. Dulu jaman2 pertama kali saya ikut lomba (SMP), saya antusias banget. Dan hasilnya BHAM! saya kalah. Temen saya malah menang. Sedih sih, tapi ya saya realistis aja, soal2nya emang susah, saya gabisa ngerjain. Yaudah ga menang. Sesimpel itu. Dan akhirnya saya ikut lomba2 selanjutnya, dan tetep aja gapernah dapet juara. Tapi tetep ikut. Kalo kalah ya paling ketawa2. Karena emang gabisa. kalo lolos babak selanjutnya juga ketawa2, karena ngerasa hoki. Dan akhirnya yaudah gitu, ga ngerasa sedih lagi. Saya juga pernah kok, dari 72 peserta, saya peringkat 2, dari bawah. Berarti peringkat 71 ya. Tapi ya ketawa2 aja karena saya mikirnya "wah masih untung ga peringkat 72, masih untung ada nilainya". Jadi untukmu jiwa2 yang mau lomba tapi takut kalah, atau untukmu yang tiap ikut lomba gapernah menang, I feel you! Jadi santai aja. Anggep aja ini sebagai ajang pengembangan diri. So semangat, dan selamat bersenang-senang!
Kuliah semester 7
2017
Komentar
Posting Komentar