Senior Harus Haus Hormat?

Assalamu'alaikum!
Ketemu lagi, setelah sekian lama saya riweuh sama urusan skripsi. Sekarang saya mau nulis pendapat aja sih soal kader.

Setelah sekian lama ada di kampus ini, alhamdulillah saya pernah ngerasain jadi junior, dan sekarang (karena makin tua, jadi mau gamau) jadi senior. Mungkin udah banyak yg ngerasain kali ya, jadi junior tuh (mostly) gaenak, banyak tugas, harus hormat sama senior, harus nyapa, harus patuh, walopun ga ngerti yg penting patuh aja deh! Saya juga pernah kok ada di posisi itu. Dan ga sedikit temen-temen saya yang terbawa peran ini hingga dia senior. Memang, temen-temen saya ini masih hormat banget sama senior-senior yang udah pada kerja itu, tapi perasaan ingin dihormati juga muncul seiring menuanya kami. Perasaan ingin dihormati, ingin disapa, ingin dipatuhi, dan lain-lain. Sebenernya terserah masing-masing individu sih. Mungkin saya beberapa kali tidak sadar memiliki perasaan demikian juga. Tapi saya agak tidak setuju dengan konsep ini.

Memang, sebagai senior, kita emang harus dihormati, tapi harap berhati-hati karena beda tipis dengan "haus hormat" lho. Menurut saya seorang senior yang emang pantas dihormati itu, kalo orangnya emang baik, emang perilakunya membuat kita mensegani dia. Kalo seorang senior ga sombong, seneng berbagi, nyapa junior yang dikenal, suka menyenangkan orang lain, menurut saya akan lebih enak aja gitu junior bersikap kepadanya. Aura positifnya itu membuat orang nyaman untuk berinteraksi. Entah lebih enak nyapa atau lebih nyaman bertanya. Hal ini yang saya rasain pas jadi junior, ngerasa disapa kating itu menyenangkan cuy! Merasa dikenali, dihargai aja gitu keberadaan saya. Beda dengan senior yg kenal tapi gamau nyapa, kita sebagai junior takut nyapa, tapi kenal, jadi awkward deh. Hal ini yang pengen saya bawa juga waktu saya jadi senior. Saya ingin junior-junior saya ga awkward sama saya dan saya ingin mereka nyaman di himpunan (yang isinya senior-senior) makanya saya berusaha nyapa junior-junior yg saya kenal.
Tapi ada beberapa temen saya yang protes ke saya, bertanya "kok lu yang nyapa sih?". Saya jadi bingung, emang kenapa? Emang salah kalo nyapa duluan? Emangnya senior harus selalu disapa duluan meskipun kenal? 

Ya, tiap orang berbeda. Saya tidak bisa memaksakan opini saya ini kepada orang lain. Jika menurut yang lain, senior memang harus seperti raja, ya silakan saja.




Tugas Akhir
2018

Komentar