Testimoni Belajar Digital Marketing di RevoU, Worth It?

 


Assalamu 'alaikum! Halo semuanyaa, taun baru semangat baruu ihiyy!

Cieee yang lagi nyari-nyari review alias testimoni bootcamp RevoU 😁

    Pas banget, saya bakal ceritain pengalaman saya. Review-nya bakalan zuzuuur karena ga endorse ya ges ya. Alhamdulillah, saya baru banget kelar full stack digital marketing di RevoU tanggal 10 Desember 2022 kemarin. Harusnya, saya gak masuk batch 10, tapi takdir berkata lain😁 mungkin kapan-kapan saya ceritain juga deh kenapanya.

    Jadi, buat yang belum tau, RevoU itu bisa dibilang salah satu bootcamp online course yang ga cuman ngajarin materi, tapi juga praktiknya. Pengajarnya adalah para expert di bidangnya, jadi bener-bener orang yang kerjanya hands-on di bidang tersebut, mungkin bisa nih saya ceritain secara terpisah nanti.

    Duluu, sebelum ikut full stack-nya, saya sempet ikut mini-course-nya dulu. Apakah terus langsung lanjut full stack-nya? Tidak HAHAHA, sempet ada jeda 1,5 tahun baru ikutan full stack-nya. Kenapa? Karena biayanya mahal (bagi saya) 😭 Jadii sebelum yaqueeeen ikut full stack-nya, saya sempet riset nyari-nyari review dan testimoninya dulu. Biar yakin, worth it ga sih ngeluarin banyak uang buat biaya belajar digital marketing di RevoU? Maka dari itu, saya pengen nulis ini buat nambah sudut pandang temen-temen. Sebenernya bahasannya bakal lumayan panjang, tapi saya usahakan nulis overview-nya ya disini, mulai dari durasi programnya, belajar apa, sampe biayanya.

Full Stack Digital Marketing di RevoU Berapa Lama?

    Kalo FSDM (Full Stack Digital Marketing) Program di batch 10 ini belajarnya 13 minggu (mungkin bisa bertambah atau berkurang di masa depan, tergantung kebutuhan). Tapi kalo ditotal-total sih 15 minggu. Jadi ada minggu ke-0 alias Week 0 yang isinya semacem motivasi cara belajar yang efektif. Saya kira awalnya ga penting Week 0 ini, tapi kalo disimak, menurut saya Week 0 ini penting banget soalnya nanemin mindset sebelum mulai course.
    Kemudian, ada juga Break Week alias minggu istirahat. Letaknya di tengah-tengah, kalo di batch 10 sih setelah Week 8. "Ih belajar online doang emangnya cape?". Percayalah, Break Week yang cuman seminggu ini terasa seperti surgaaa 😭 

Full Stack Digital Marketing di RevoU Ngapain Apa Aja?

1. Lecture

    Jadii, dalam 13 minggu itu ada lectures lewat Zoom, isinya pemaparan teori dan insight-insight praktik di lapangan. Ada juga sesi QnA yang pertanyaannya bisa ditulis via Slack, jadi nanti bakal dibacain pas sesi tanya jawab. Selama saya ikut lecture, semua pertanyaan peserta alhamdulillah bisa terjawab. Materinya ada:
  1. Measuring Performance and Budget Allocation (belajar istilah-istilah dan ngatur budget)
  2. Intro to Group Project, Product Marketing, and LPs (ngebikin ide bisnis dan landing page)
  3. Marketing Analytics (per-Google Analytics 4-an)
  4. Social Media Ads (Meta Ads)
  5. Google Ads
  6. SEO
  7. Content Marketing
  8. Social Media Organic
  9. CRM
Loh kok cuma 9, tapi ada 13 minggu? Soalnyaa ada beberapa topik yang membutuhkan group project demi pemahaman materi yang lebih baik. Nah topik-topik yang ada group project-nya ini butuh waktu 2 minggu. Jadi kalo ditotal ya 13 minggu lecture. Tapiii, di masa depan mungkin juga berubah, karena ilmu digital marketing kan berkembang terus ya geeess.
    Terus, sekelas berapa orang? Nahh nanti temen-temen bakal dibagi ke dalam sekitar 12 (atau 13?) section. Nah 1 section ada 12 grup deh kalo ga salah. Nanti temen-temen masuk tuh ke salah satu grup di section tersebut. Dibaginya berdasarkan apa? Entahlah πŸ˜‚ Terima ajaaa.

2. Group Project

    Bayar belasan juta buat mantengin lectures doang? Big no! Ada juga group project alias kerja kelompok kalo bahasa sekolahan mah. Ngerjain apa sih? Nah jadi RevoU bakal ngebagi kelompok kira-kira 5 s.d.7 orang per kelompok buat bikin ide bisnis. Jadi nanti RevoU bakal nentuin cakupan bisnisnya dan kita ngerancang dari 0, mulai dari Value Proposition, Unique Selling Points, Target Audience, Logo, Color Theme, dan lain-lainnya.
    Setelah itu, kita bakal bikin Landing Page, juga akun media sosial, dan tools yang mendukung untuk bisnis kita. Pas masuk topik tentang Ads, bisnis ini beneran diiklanin loh. Berembug, bikin desain beneran, mikirin copywriting, mantau performa iklan tiap hari, begadang-begadang, sampe pake budget asli. Rasanya dapetin 1 orang stranger yang daftar atau DM buat pake layanan kita tuh wah banget lah 😁 Jujur, group project itu cape, tapi challenging dan ngasi banyak ilmu banget.
Meme Digital Marketing
Source: Business 2 Community

3. Practical Assignment

    Tugasnya kelompok doang? Ngga dong! Ada juga tugas individunya. Selain ada soal-soal evaluasi dalam bentuk pilihan ganda, ada juga tugas "esai" yang gak esai sebenernya 😁 Biasanya disusun di Google Slides dan Spreadsheets. Mungkin biar terbiasa bikin presentasi atau portofolio kali yaa. Kalo tugas "esai" ini biasanya dikasi studi kasus, seolah-olah kita jadi digital marketer di suatu perusahaan, kemudian ada tugas dan goals sedemikian rupa. Nah terus kita diminta brainstorming ide dan jelasin gimana prosesnya untuk mencapai goals tersebut. Deadline-nya? Biasanya tiap Jumat jam 23.59. Dinilai ga? Dinilai dong, dan wajib! Maka dari itu, belajar di RevoU ga main-mainπŸ”₯

Full Stack Digital Marketing di RevoU Pake Tools Apa Aja?

Banyak πŸ€“ Tools-nya terbagi 2 nih, ada tools yang dipake untuk kelancaran course, ada juga tools terkait digital marketing-nya.

1. Tools untuk Kelancaran Course

    Tentu saja: Zoom, buat nyimak lecture. Terus pake Slack, buat tau info-info terkait lecture dan jadi tempat naro pertanyaan buat QnA. Kalo handphone kamu bisa download Slack, maka download lah, sangat berguna😭 Sayangnya Slack tidak compatible di handphone saya, jadi harus sering-sering buka laptop. Terus ada Canvas, tempat materi-materi, recording Zoom, dan info-info penting lainnya bersemayam. Terus pake Whatsapp, buat komunikasi, ini umum banget sih, please banget yang belum familier pake WA, pakailah sarana komunikasi sejuta umat ini. Kecuali orang-orang di grup kamu nanti pengen ga pake WA.
    Kemudian email pribadi buat tau info untuk setting-setting sesuatu dan Google Calendar buat tau link Zoom dan jadwal lecture-nya kapan aja. Setelah itu, Google Drive, buat menyimpan segala mahakaryamu (baca: tugas-tugasmu) 😁 Jadi nanti tugas-tugas kamu bakal diakses lewat Google Drive gituu. Ada juga tools yang mungkin kamu butuhin yaitu Canva, buat ngedesain, tapi kalo kamu kaum Photoshop atau Illustrator silakan aja. Ada juga Whimsical, untuk bantu bikin tree diagram dan flow chart. Sejauh yang saya ingat, itu aja sih.

2. Tools untuk Digital Marketing

    Karena yang dipelajari banyak, tools-nya jadi banyak juga 😁 Ini saya ceritain pas batch saya aja ya. Ga janji bakalan sama terus, karena bisa aja berkembang dan berubah pake tools lain. Pertama, pake Unbounce buat bikin landing page. Untuk domainnya beli di Niagahoster. Abis gitu untuk Marketing Analytics-nya pake Google Analytics 4, Google Tag Manager, sama Google Data Studio. Pas Social Media Ads, pake Meta Business Suite. Pas Search Engine Marketing pake Google Ads. Waktu belajar SEO, pake Sreaming Frog, Google Search Console, Ahrefs, Semrush, SEO Minion, dan SEO Meta in 1 Click. Pas belajar content marketing pake Google Trends, Rocketreach, Moz. Kayaknya ada 1 lagi tapi lupa saya. Pas social media organic pake Analisa.io. Terakhir, waktu belajar CRM pake Mailchimp. Segitu yang saya inget. Kayaknya ada lagi, tapi lupa apa.

Ga Punya Background Marketing Bisa Ngikutin Ga?

    Bisa! Proved by me HAHAHAHA. Saya kuliahnya teknik mesin, kerjanya editorial, ga ada digital marketingnya sama sekali. Tapi bisa ngerti! Kadang kalo diinget2, amazed juga wkwkwk. Temen saya juga ada yang kuliahnya teknik informatika, komunikasi, psikologi, management, atau kerjanya jadi product manager dan ibu rumah tangga tetep bisa ngerti! Gimana ngga, tiap sebelum mulai week, ada pre-lecture yang bisa dibaca, ada slide/deck presentation yang bisa dibaca duluan, semua materi dibagiin, video tutorial buat pake tools disediain, simulasi pake tools pas lecture juga ada, pengajarnya juga sabar-sabar, pinter-pinter, dan yang terpenting: encourage to ask and open to questions! Jadinya enak banget mau nanya-nanya, dan pertanyaannya ga di-judge sama sekali, ga dibilang receh atau aneh, bahkan sampe ada pengajar yang nge-demo-in tools dengan ngebimbing LANGSUNG volunteer-nya (yang jadi volunteer itu murid RevoU juga). Jadi pembelajarannya itu interaktif banget tapi tetep dijelasin secara simpel, jadi bisa ngerti kitanya.
    Tapi dibilang struggling ya struggling juga 😁 Bayangin aja, materi segitu banyak, dipadetin jadi 13 minggu doang. Jadi perlu ekstra belajar, daya serap tinggi, dan repetisi biar cepet mashoook.

Mahasiswa atau Karyawan Full-Time Bakalan Kesulitan Nggak?

    Tergantung. Hehe. Sori gabisa ngasi angin surga nih😁 Berhubung ini review zuzur, jadi saya jawabnya zuzur HAHAHA. Adaa yang full timer jadi pelajar RevoU kayak saya, ada juga yang sambil magang, ada juga yang masih skripsi, ada yang sambil S2, ada juga yang full time kerja, pergi business trip ke luar negeri sambil RevoU juga adaa. Macem-macem. Dan alhamdulillahnya pada bisa survive  sampe lulus. Tapi ya tergantung ya gess, misalkan kamu memiliki daya tahan tubuh yang tinggi, ga perfeksionis-perfeksionis banget, cepat menyerap ilmu meski sibuk, ga masalah multitasking sama kerjaan/kuliah, silakan sikaaat nyambi kerja atau kuliah. Kalo saya, berhubung emang gabisa nyambi kerja, terus orangnya suka berpikir keras, agak-agak perfeksionis (maksudnya kalo kerja butuh waktu lama sampe yakin bener) dan kalo sibuk banget bisa stres sampe sakit, jadi saya mutusin buat fokus belajar RevoU aja HAHAHA. So, beda-beda ya geees, sesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Sebelum Ikut Course, Prosesnya Apa Aja?

    Pertama, pastinya daftar full program-nya dulu. Kalo ga ikut mini-course-nya, tahap selanjutnya nanti ada tesnya. Tesnya lupa deh ada teorinya apa ngga, tapi yang saya inget ada ngitung-ngitung gitu, seru wkwkwk. Selanjutnya kumpulin motivation letter. Abis gitu wawancara sama pihak RevoU-nya, lewat video call. Baru deh nunggu pengumuman.
    Naah, kalo ikut mini-coursenya, abis mini-course biasanya ada soal tes gitu. Yang kalo nilainya bagus, bisa fast track langsung untuk daftar ke full program-nya. Nah bedanya, kita bisa nge-skip kumpulin motivation letter, jadi tingal video call aja. Abis itu nunggu pengumumannya deh ✨

Berapa Biayanya?

    Mini course-nya gratis. Full program-nya bayar (ya iyalah!) 😭 Dulu waktu saya sih Rp16.000.000 karena sekalian sama career support juga. Career support tu intinya abis kelas, kalian dibimbing buat nyiapin CV, portofolio, interview, dll. Kalo ga pake career support, bayarnya Rp13.000.000. Bayarnya bisa langsung kontan, bisa dicicil. Bisa saat itu juga, bisa nanti abis kelar batch-nya. Fleksibel banget. Berhubung saya orangnya males ngutang, akhirnya saya kumpulin duit dulu, baru daftar, dan bayarnya kontan hehehe.

Jadiii kalo ditanya, worth it ga belajar di RevoU? Saya bilang worth it!

Anyway, saya ngerti banget buat belajar full program RevoU itu biayanya mahal😭 Ga di RevoU, ga bootcamp lain, sama mahalnya. Jadi ada tambahan nih buat kamu yang mau daftar:

πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯PRO TIPS HEMAT BIAYAπŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯
  • Daftarlah pas early bird. Kalo daftar pas early bird, ada spare waktu gitu, kalo transfer sebelum tanggal tertentu, biaya yang tadinya 16 juta, jadi 13 juta (udah termasuk career support loh!).
  • Bayarnya kontan. Alias sekaligus. Kalo bisa yaaaaa. Soalnya kalo diitung-itung, bayar nyicil totalnya lebih mahal 😭Biar ngerasa aman juga sejak awal HAHAHA. Tapiiii, kalo emang gabisa sekaligus di awal dan ga masalah dengan total yang lebih besar silakan disesuaikan aja ya teman-teman.
  • Pake referral code! Referral code bisa ngasi diskon lagi dalam bentuk cashback. Ga langsung tapii. Setelah 4 minggu lecture, kamu bakal dapet cashback Rp500.000! Lumayan banget gasih?? Waktu itu saya pake referral code temen. Untung punya temen yang ikut RevoU duluan. Jadi dapet deeeh 😁
Maka dari ituuu, saya pengen bagi-bagi referral code nih, kali aja temen-temen butuh tambahan diskon tapi ga ada temen yang pernah ikut RevoUπŸ€“

Kalo kalo kamu tim yaqueeeen gass sikaaat langshong daftar Full Stack Digital Marketing Program gapake mini course, boleh daftar lewat link ini ya πŸ‘‡πŸ‘‡


Tapi kalo kamu masih ragu, kepengen nyobain mini-course digital marketing yang GRATIS dulu, boleeeh bisa lewat link ini πŸ‘‡πŸ‘‡



***

"Aku pengen dapet cashback juga tapi yang buat Data Analytics atau Product Management"

Boleeeh, komen aja ya gaes kalo misalkan pengen referral code untuk Data Analytics Program atau Product Management Program. Berhubung ini review tentang program digital marketing, jadi link referral data analytics dan product management ga saya masukin 😁 Tapi ada koook hehehe, komen aja ya kalo mau!

Sekian cerita pengalaman belajar digital marketing di RevoU. Makasih udah baca panjang-panjang. Jadi gimana, makin yakin atau makin bingung nih?

Komentar