Untukmu yang Sudah Sering Berbuat Baik tapi Tidak Berbalas

Assalamu 'alaikum!

Hari ini randomly nyari artikel lengkap mengenai MBTI saya yang iseng-iseng saya kerjakan tesnya kira-kira sebulan lalu. Terus biasanya banyak kan tuh informasi-informasi dari gambaran umum, karir yang cocok, kelebihan, kekurangan, dan lain-lain. Banyak deh. Waktu saya baca, saya mikir "kok ini bener ya? Sesuai sama gue sih. Tapi kok gue terlihat seperti jadi orang yang baik banget, yang berarti gitu buat orang-orang di sekitar gue". Agak geli ya nulis ini. Narsis banget huek. Kemudian saya mengingat-ingat. Apa sih buktinya kalo saya begitu berarti buat orang-orang di sekitar saya?

Lalu saya menangkap memori.
Waktu wisuda.

Mundur sedikit.
Waktu sidang.

dan mundur lagi yang banyak hingga sekitar 1,5 tahun ke belakang.

Jadi keinget sekitar bulan Juli/Agustus 2017, saya dateng ke Bandung, niatnya ke wisuda kating-kating tercinta. Temen-temen saya lagi pada kerja praktek. Saya udah selesai waktu itu jadi bisa ke kampus. Niat coy, ke kampus buat apresiasi kating. Oke skip. Sebenernya karena ada kating cewek yang wisuda (dan di jurusan saya, cewek itu langka jadi hubungan kating-deting (?) di jurusan itu cukup erat lah, ngasih-ngasih waktu wisuda sudah jadi tradisi), jadi saya gaenak lah sebagai pihak yang bisa dateng tapi malah ga dateng. Karena bisa dateng, bingung dong coy mau ngasih apa. Masa cuman "selamat kak" (sambil tangan kosong gitu). Akhirnya rapatlah via grup chat cewek-cewek rundingin mau ngasih apa. Yang respon dikit, sekalinya ngide, eh idenya susah. Pas di-follow up ide susahnya, bilangnya 'terserah'. Duh manteman kan qu pusink. Akhirnya berbekal sekian ide yang masuk dan perkataan 'terserah' akhirnya saya brainstorming sendiri bakal ngasi benda X. Biar berkesan, dibikin custom. Saya kontak temen yang paling bisa diandelin dan super fast response buat ide-ide selanjutnya. Terus nyari vendor sendiri. Nombokin. Nulis sendiri. Hias sendiri. Bawa berat-berat, dan ngasihin ke kating sendiri. Terus laporan ke grup 'mission completed' dan ga ada yang apresiasi bilang makasih :( Sedih gak coy. Cuman temen fast response saya yang nge-pm bilang makasih. Saya ga minta diganti uangnya tapi plis bilang makasih dong :( Sampe saya chat temen yang super fast response itu buat jawab di grup 'bilang makasi dong plis wkwkwk sedih bgt gue'. Baru deh pada bilang makasih. Oke skip curhatan ini. Waktu itu sambil riweuh bawa-bawa kado, saya curhat ke temen saya yang cowok (karena ga ada cewek lagi), 'gue niat juga ya repot-repot gini. Tar kalo gue wisuda ada ga ya yang ngasih gue?'. Terus dia cuman bilang 'ya ada lah'. Abis. Sip thank you.

Kemudian saya menjalani hari-hari seperti biasa sebagai seorang ekstrovert yang nyapa-nyapa mulu, cerita mulu, dengerin curhatan orang, motivasi orang, dan tentu saja belajar. Karena kuliah ya harus belajar. Hehe. Lalu sampailah pada wisuda berikutnya.

Saya inget banget bagi tugas sama sesama cewek (yang jumlahnya bisa diitung jari itu). Saya sama 1 temen saya bertugas beli balon. Ada yang beli permen. Ada yang beli permen kapas luchu. Karena kita gamau sembarang balon, jadilah kita brainstorming di toko balon bakal beli balon jenis apa, warna apa, berapa. FYI, yang wisuda waktu itu ada 5 cewek. Dan saya sama temen saya mutusin buat beliin mereka masing-masing 3 balon. "Yah 3 balon mah dikit". Sini saya sentil bibirnya yang berani ngomong gitu depan saya. Emang 3 coy, tapi dikali 5. Jadi 15 balon, dibawa 2 orang. Satu orang bawa 7 atau 8 lah. Kanan kiri masing-masing 3 atau 4. Bukan naik motor, bukan naik mobil. Jalan kaki bos. Mungkin 1,5 km ada jaraknya. Ribetnya astagfirullah. Di kuping tuh dung-dung-dung gitu pas balonnya saling bertabrakan. Yang pernah bawa balon jalan kaki dengan ketinggian balon se kepala anda (karena gamau balon terbang dan nyangkut di pohon) pasti ngerti rasanya. Pas sampe di kampus, si tali balon belibet karena bersilangan satu sama lain. Rasanya udah pengen guntingin tali balon. Terus ngeliat temen saya yang lain yang bawa permennya ga ribet sama sekali. Kan agak sedih aku tu ya aku tu. Terus sambil ngaso gara-gara capek nungguin wisudawan keluar, saya berdiri diem sambil napas. Temen saya yang bantu bawa balon nyeletuk 'tar aku wisuda ada yang ngasih ga ya? Kan aku cupu ga punya temen'. Saya mau jawab 'gatau' kasian juga. Akhirnya saya jawab 'ada lah, kan temen lu banyak. Pasti ada.' Untung dia ga jawab "sip thank you".

Kemudian sampai pada kesempatan wisuda selanjutnya. Ribet-ribet lagi. Untungnya karena cuman 2 cewek yang wisuda, jadi balonnya ga banyak. 'Kenapa balon sih? udah tau ribet' Hehe biar adil aja tiap cewek. Tapi ternyata ada kating-kating cowok lainnya yang lumayan deket sama saya, jadi tetep aja kudu beli hadiah. Saya ga milih balon buat yang cowo-cowo. Tapi tetep, ribet. Untungnya saya bareng temen per-balon-an saya di wisuda sebelumnya jadi kita sama-sama mengertilah ribetnya bawa balon. Dan pertanyaan saya kembali terulang 'ada yang ngasih ga ya kalo gue wisuda?'. Kali itu, temen saya memberi jawaban berbeda.

'eh, kata temen aku yang udah wisuda, percaya deh, kado yang kita kasi tuh bakal balik lagi ke kita.'

Saya bingung sebentar. Mikir. Jadi kating-kating saya bakal dateng ke kampus lagi waktu saya wisuda dan pada ngasih balon?

Terus temen saya lanjutin 'jadi keep going aja. Pasti dibales kok'

Antara percaya ga percaya sih. Tapi yaudahlah, akhirnya saya iyain aja.

Sekian bulan setelah itu, tibalah saya di momen akhir tugas akhir yaitu sidang! Sebelum sidang sedikit kepikiran (sedikiiiit bgt) 'tar abis sidang ada yang dateng ga ya?'. Soalnya saya sidang sore-malem. Jadwal sidang paling ga biasa. Biasanya paling lambat itu sampe jam 5 atau 6 sore lah. Saya di jadwal, sampe jam 7. Tapi setengah 8 sih kelar benerannya. Dan pas keluar ruang sidang..... Jeng-jeng. Ramai sekali bung! Sumpah deh seneng sambil norak saya. Di depan ruang sidang lagi pada nunggu berderet. Deket ruang sidang ada lounge gitu, banyak juga yang nunggu. Terus pas saya mau turun tangga, temen-temen baris di tangga ngebentuk barikade gitu. Luar biasa. Kalian keren sekali coy! Terima kasih yang banyak sekali untuk kalian. Tapi mungkin aja karena saya cewek terakhir di angkatan yang sidang, jadi mereka pada dateng (?) *ini lagi usaha biar ga kepedean dan narsis* Saya yang didatengin sidang serame itu aja seneng banget. Ternyata mereka ga cuman bawa badan doang, bawa hadiah juga. Jujur, banyak banget. Apa karena orangnya banyak jadi hadiahnya banyak banget? Bahkan mereka sampe minjem halogen biar saya tetep bisa foto terang walopun malem-malem. Apresiasi *tepuk tangan*. Kelar foto-foto, saya bingung memboyong hadiah-hadiah yang ada. Mungkin hadiahnya ada sekitar 3 atau 4 goodie bag (dan ada juga yang saya masukin ke tas saya saking banyaknya). Balik ke lab buat sholat dan segala macemnya udah kayak belanja bulanan. Banyak banget yang dibawa. Alhamdulillah.

Terus waktu wisuda. Saya udah mikir 'halah palingan sedikit lah hadiahnya. Kan pas sidang udah  pada ngasi.' Ternyata eh ternyata, alhamdulillah temen-temen saya yang lebih dulu wisuda dateng juga, ngasi kado. Terus temen-temen jurusan, ada lagi yang ngasi kado. Terus temen kosan, temen unit, bela-belain nyari-nyari wisudawan buat ngasi kado. Terharu banget lah pokoknya. Kado saya kira-kira seplastik sampah item yang gede itu lah. Karena ga ada plastik sampah, jadi pake tas super gede yang dibawa temen saya (yang bersedia jadi LO dadakan seharian), tapi tetep ga cukup, sampe butuh sekian adek tingkat buat bantuin bawa juga. Rasanya berat sekali. Beneran! Tapi alhamdulillah kusenang karena ga nyangka banget bisa diapresiasi seheboh itu.

Kalo diinget-inget, saya bukan aktivis kampus. Jadi anak BEM bukan, jadi pengurus HMJ (himpunan mahasiswa jurusan) juga bukan, pengurus unit juga bukan. Hanya anggota biasa yang berusaha jadi staff sebaik-baiknya tapi tetep aja ada cacatnya. Masih bertanya-tanya sih sampe sekarang, kok bisa ya?'.

Mungkin kata temen saya sekian bulan yang lalu itu benar. 'kado yang kita kasih, bakal balik ke kita'. Mungkin bukan secara harfiah saya ngasih balon ke A, lantas A bakal balikin dalam bentuk balon. Tapi maknanya, bakal balik dalam bentuk lain, melalui orang lain. Mungkin bukan hanya harta, tapi bisa berupa kebahagiaan. Hadiah yang saya dapet, mungkin bukan karena perbuatan ngasih-ngasih kado balon wisuda, tapi perbuatan baik lainnya yang tidak sadar pernah dilakukan(?). 

Tiba-tiba inget sebuah dalil yang beberapa minggu lalu pernah dibaca. Bentar dicari dulu.

Abis nyari.

Al Baqarah 272 yang artinya
"bukanlah kewajibanmu menjadikan mereka mendapat petunjuk, akan tetapi Allah-lah yang memberi petunjuk (memberi taufiq) siapa yang dikehendaki-Nya. dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah), Maka pahalanya itu untuk kamu sendiri. dan janganlah kamu membelanjakan sesuatu melainkan karena mencari keridhaan Allah. dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan, niscaya kamu akan diberi pahalanya dengan cukup sedang kamu sedikitpun tidak akan dianiaya (dirugikan)." Al-Baqarah (2) : 272

Jadi untuk temen-temen pembaca yang merasa udah sering berbuat baik ke orang lain, repot-repot bikin seneng orang lain, tapi kayak ga ada balesannya, dan takut rugi gara-gara ngasih mulu tapi ga dapet feedback, yang perlu saya katakan hanya:

Sabar.
Angep aja amal.
Lanjutkan, lakukan dengan ikhlas.
Suatu hari keikhlasanmu akan terbayar,
karena Tuhan punya cara sendiri untuk membahagiakanmu.





2019

Komentar