Perempuan di FTMD ITB

Logo Institut Teknologi Bandung

 Assalamu 'alaikum! Halo semua!

    Sebenernya udah dari lama mau nulis pengalaman jadi mahasiswa perempuan alias mahasiswi di FTMD ITB. Berawal dari sekian tahun lalu pengen masuk teknik mesin di ITB, tapi mau gak mau harus masuk fakultasnya dulu. Terus bertanya-tanya, "di FTMD ada ceweknya gak ya?".

    Kalo kamu mau nanya itu, saya akan jawab "ADA DONG!".

    Dari saya kuliah tahun 2010-an (angkatan disamarkan HAHAHA padahal bisa ketauan juga), udah ada ceweknya. Kakak tingkat saya sampe selisih 5 tahun di atas saya pun juga udah ada cewek di angkatannya. Tapiii, gak banyak HEHEHE. Kalo kamu nanya, sekarang banyak ga? Saya akan jawab "sekarang lebih banyak dibanding tahun-tahun yang lalu". Bahkan bisa dibilang jumlahnya terus meningkat.

    Let me tell you a little about women in FTMD ITB. Dulu, cewek di angkatan saya jumlahnya cuman 30, dari jumlah total seangkatan 280an. Sempet ngerasa gak pede karena saya mikir, ini pasti cewek-cewek strong nan tomboy. Sedangkan saya kayak yupi. Join grup LINE dan terkaget-kaget karena muncul nama cowok semua. Giliran muncul cewek yang ngechat/nanya sesuatu, rameeee banget dijawab-jawabin. Emang agak-agak terasa gersang ya :( Sampe ada cewek yang ngomong di grup rasanya kayak nemu oase :(

    Kekhawatiran saya terhadap kegersangan FTMD ITB diperkuat saat daftar ulang di Sabuga (Sasana Budaya Ganesha). Sedikit cerita yang gatau Sabuga, jadi Sabuga itu adalah sebuah gedung yang serbaguna banget. Bisa dipake buat daftar ulang mahasiswa, sidang penerimaan mahasiswa baru, wisuda, pameran, acara unit kebudayaan, konser, orientasi mahasiswa, dan lain-lain. Dulu, belom ada corona HEHE. Kami masih bisa daftar ulang secara offline dan kumpul fakultas beramai-ramai. Saya kaget saat antre daftar ulang. Masing-masing fakultas membentuk satu barisan panjang untuk mengumpulkan berkas. Setelah mencari loket FTMD, saya pun ngantre. Kaget sekaget-kagetnya, karena melihat barisan FTMD dari depan sampe belakang, sejauh mata memandang, isinya cowok semua! Ngerasa aneh jadi cewek sendiri di barisan cowok. Sempet berkali-kali ragu "ini gue salah baris ga ya?". Tapi akhirnya yakin sendiri, kalo barisannya mostly cowok, berarti bener FTMD. Hehehe.

    Singkat cerita selesai daftar ulang, terus kami inisiatif kumpul fakultas. Walopun ga semua ikutan, seenggaknya saya jadi tahu muka-muka beberapa teman saya sebelum perkuliahan dimulai. Saya juga jadi tahu jumlah cewek FTMD di angkatan saya cuma 30 dan ternyata ga setomboy yang saya kira. Banyak juga cewek-cewek yang lembut dan gayanya cewek banget deh pokoknya.

    Pasti banyak yang bertanya-tanya, "jadi cewek di FTMD pasti jadi ratu ya? Pasti diutamakan ya? Pasti dilindungi banget ya?". Untuk jadi ratu, I would say, nggak. Pasti diutamakan? Nggak juga. Tapi kalo masalah dilindungi, iya. Walaupun gak sampe bangetngetngettt. Gini lho gaes saya kasitau. Cowok-cowok itu manusia juga. Apalagi baru masuk kuliah umur berapa sih, 16-20 lah ya kira-kira. Lagi labil-labilnya, egonya lagi gede. Pengen ngelakuin ini, pengen show-off itu, punya mimpi, punya tujuan, dan balik lagiii, mereka dateng ke kampus untuk kuliah lho say. Bukan untuk memenuhi kebutuhan kamu. Jadi kalo ada yang mikir/ngarep jadi ratu atau selalu diutamakan di FTMD karena dia perempuan, monmaap, Anda salah alamat. Silakan cari pacar yang bucin biar Anda jadi ratu dan selalu diutamakan. Kalo mau cari pacar cowok FTMD juga boleh, biar dobel effect-nya.

    Tapi untuk masalah dilindungi, tidak diragukan. Saya gak tau lho ya angkatan yang sekarang-sekarang masih sama apa nggak. Seenggaknya di angkatan saya dulu, sejak TPB (tingkat 1), cewek itu kan langka, jadi seenggaknya pasti pada tau muka-mukanya lah. Kalo mau pulang malem, anak FTMD lain suka ada yang nanya, pulang sama siapa? Ada yang nganter nggak? Bukan modus, tapi mereka sadar kalo pulang malem bisa membahayakan, apalagi kalo ada cewek sendirian. Jadi kadang ada tuh yang berkorban nganter pulang atau sekalian pulang bareng. Kebiasaan ini berlanjut sampai naik ke jurusan. Mungkin saya bakal cerita di tulisan selanjutnya. Kadang hal ini bisa bikin baper. Kalo ga kuat-kuat hati akan jatuh pada lubang yang bernama Jatuh Cinta Diam-Diam. Haduh.

    Kalo masalah mata kuliah gimana? Sekelas ceweknya berapa? Pasti pelajarannya lakik banget ya? Jumlah cewek per kelas beda-beda tergantung mata kuliah. Beda mata kuliah, beda teman sekelas. Jadi teman sekelas selalu berganti. Kalo untung, bisa bareng banyak cewek FTMD, kalo lagi apes, ya cewek FTMD sendiri. Tapi gausah panik bin risau. Temenan aja sama cowok-cowok. Cowok baik itu banyak, beneran. Untuk pelajarannya, to be honest, untuk tingkat 1 masih umum banget, belajar Matematika/Kalkulus, Fisika, Kimia, Bahasa Inggris, Kimia, sama Karya Tulis Ilmiah. Paling ada beberapa mata kuliah yang agak ajaib, kayak Pengantar Teknologi Informasi, isinya ngoding, sama PRD. Lupa PRD kepanjangannya apa. Tapi PRD ini seru banget, karena lebih aplikatif dan mulai menjurus ke jurusan.

Montir perempuan
Apakah di FTMD berarti kuliahnya benerin mesin? No. Definitely.

    Kalo bingung-bingung soal mata kuliah gimana? Terus ga ada sesama cewek yang bisa diajak belajar bareng? Tenang, belajar aja sama cowok-cowok. Saya bukannya mau ngajarin kamu biar jadi cewek gatel nih. Tapi kondisi ini berbeda. Kamu lagi butuh pemahaman, tapi yang bisa bantu kamu bukanlah orang yang kamu inginkan. Butuh atau ingin? Saya sih lebih mendahulukan butuh hehehe. Mungkin karena cowok-cowok logikanya lebih jalan, jadi mereka biasanya lebih cepet paham. Jadi ga perlu takut ga ada temen belajar.

    Berarti cewek-cewek bakal kesusahan belajarnya dong? Kan logika cewek ga sebagus cowok? No no no! Banyak juga kok temen-temen saya yang cewek yang jenius-jenius. Bahkan melebihi kepintaran cowok-cowoknya. Jadi jangan berkecil hati dulu ya. As long as kita punya mau berusaha untuk belajar, insya Allah bisa ngejar juga kok.

    Harusnya ada banyak yang bisa diceritain tentang perempuan di FTMD ITB. Kalo ada request mau cerita soal ITB atau FTMD boleh ya! Komen aja mau nanya apa, mungkin bisa saya ceritakan lebih lanjut di postingan selanjutnya!


2021

    

Komentar